Ada Berapa Jenis Google Ads?

Ada Berapa Jenis Google Ads?

Bagikan ke

Anda tentu sudah tidak asing dengan iklan. Kata ini sering di sebutkan dan berada di media mana saja. Ada yang terletak pada website, media sosial, koran, bahkan televisi, semua itu tetaplah disebut dengan iklan meski media penyampaian nya berbeda-beda. Iklan bisa di artikan sebagai suatu berita pesanan yang bersifat mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Di televisi dan media sosial, iklan berbentuk video dengan durasi pendek. Sedangkan pada website dan koran, iklan akan berada di sana selama Anda membukanya. Terlebih koran dalam bentuk fisik yang tidak bisa berubah dan sudah di pesan seperti itu adanya. Media internet yang menyediakan iklan akan berubah-ubah sesuai dengan algoritma dari pengunjungnya.

Membedakan Ads, Adsense, dan Admob

Berikut ini adalah pemaparan untuk perbedaan google adwords, adsense, dan admob.

1. Google Ads

Singkatnya google ads ini adalah platform buat pengiklan. Dengan google ads, Anda bisa mengiklankan bisnis Anda di semua produk google yang mendukung iklan adwords serta situs-situs mitranya google. Jika melakukan searching di google dan Anda melihat hasil pencarian yang ada label ‘ad’ atau ‘iklan’ berwarna kuning, itu merupakan iklan dari google adwords. Banyak keuntungan di dapatkan, salah satunya ialah produk Anda bisa tampil di halaman google tanpa perlu memikiran SEO. Meskipun SEO masih memiliki hubungan dengan adwords, namun keduanya berbeda.

2. Google Adsense

Jika adwords tempat pengiklan, maka adsense merupakan platform buat situs-situs yang menjadi mitra Google. Nantinya iklan-iklan yang di buat di adwords juga akan ditampilkan pada situs-situs yang telah di pasang script adsense. Pengiklan akan membayar setiap klik yang berasal dari situsmu. Untuk lebih jelas kamu bisa perhatikan iklan-iklan yang ada pada situs-situs yang besar. Jika kamu melihat tulisan “iklan by google” pada iklan tersebut, berarti itu iklan dari google adsense.

3. Google Admob

Admob kurang lebih sama seperti adsense, namun bedanya admob berjalan di platform mobile. Pernah nggak ketika kamu sedang menggunakan aplikasi di android tiba-tiba muncul iklan? Nah itu adalah iklan dari admob.

Jenis-Jenis Iklan Google Ads

Iklan tentu banyak macam dan jenisnya, format dan jenis yang di sediakan juga sangat beragam untuk di gunakan dalam beriklan. Untuk mengetahui berbagai jenis iklan dalam Google Ads Anda bisa melihat ulasan berikut.

1. Iklan Penelusuran

Jenis iklan satu ini biasa berupa penelusuran atau iklan teks yang bisa di lihat dalam hasil penelusuran di Google. Umumnya iklan jenis ini berisi judul yang dapat di klik sehingga langsung menuju pada halaman website yang sesuai. Google memberikan tambahan berupa ekstensi pada iklan satu ini.

2.  Iklan Gambar

Iklan jenis ini bekerjasama dengan website yang menjadi partner dari Google atau Google Display Network. Umum iklan ini berisi gambar yang mampu mengarahkan pada halaman website, link dari website, deskripsi, atau bahkan gambar.

3. Iklan Aplikasi

Jenis ini memungkinkan Anda untuk melakukan promosi terhadap aplikasi yang ada. Ia akan muncul pada website yang sudah menjadi partner Google. Iklannya bisa berupa teks atau gambar yang muncul pada halaman website tersebut. Biasanya akan terdapat tombol yang mengarah langsung pada aplikasi yang di tawarkan.

4. Iklan Video

Umumnya iklan jenis ini akan di jumpai pada website yang sudah bekerja sama dengan Google dan bisa juga di jumpai di YouTube. Produk yang di promosikan biasanya berbentuk video dengan durasi yang bervariasi, ada yang 8 detik hingga 15 detik yang mana pengguna bisa menutup iklan tersebut setelah lima detik dengan bantuan tombol bertuliskan Skip Ad. Namun ada pula jenis iklan dengan durasi sama yang tidak bisa di skip penayangannya.

5. Iklan Shopping

Iklan jenis ini biasa berisi nama produk, gambar, harga, serta link yang bisa membantu Anda untuk langsung menuju produk yang ditampilkan dalam iklan. Ini berguna bagi Anda yang ingin mengetahui website atau toko online milik iklan yang tadi muncul.

Tips Menggunakan Google Ads

Google Adwords berfungsi untuk mengiklankan bisnis Anda. Ada banyak metode yang bisa Anda gunakan dalam Google Adwords adalah dengan menggunakan Google Display, Google Search, hingga youtube Advertising. Berikut ini beberapa perencanaan yang harus di lakukan sebelum memasang iklan di Google Adwords:

1. Customers

Langkah pertama yang harus dipikirkan adalah customers yang ingin menjadi target. Intinya Anda harus menyesuaikan jenis produk yang ingin di tawarkan. Sehingga Anda bisa membuat daftar target bisa berdasarkan negara dan Bahasa.

2. Menyiapkan Iklan

Iklan yang di buat harus sesuai target yang di tentukan, tidak hanya gambar dan suara yang relevan. Anda juga harus memperhatikan kata kunci yang tepat untuk iklan. Anda harus menekankan kata kunci tentang hal yang berhubungan dengan produk yang di jual.

3. Biaya

Memasang iklan di Google Adwords tidak terlalu mahal dan fleksibel. Jika Anda memiliki budget dengan kisaran antara setengah juta sampai dengan satu juta rupiah, Anda sudah bisa memasukkan beberapa kata kunci dalam iklan yang akan di pasangkan.

Sekian artikel tentang jenis google ads. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *