Apa Manfaat Twitter Spaces Dalam Bisnis?

Apa Manfaat Twitter Spaces Dalam Bisnis?

Bagikan ke

Pernah dengar Clubhouse? Platform audio sosial yang sempat naik daun ini bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan promosi bisnis. Sayangnya, Clubhouse bersifat eksklusif hanya untuk pengguna iOS. Bagi yang ingin menggunakan fitur serupa secara bebas, mungkin bisa menjajal Twitter Spaces.

Apa itu Twitter Spaces?

Twitter Spaces adalah fitur terbaru Twitter yang memungkinkan Anda melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna lainnya. Ruang obrolan suara dalam Twitter Spaces biasa di sebut Space. Sebenarnya fitur terbaru twitter satu ini terinspirasi oleh Clubhouse. Namun berbeda dengan Clubhouse yang menggunakan invite only, Twitter Spaces terbuka untuk didengarkan oleh semua penggunanya. 

Manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda

Berikut ini adalah manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda:

1. Membuat Event Jadi Lebih Mudah

Anda tak perlu repot lagi mengatur penyelenggaraan event offline. Dengan menggunakan Twitter Spaces, Anda bisa menyelenggarakan event secara online cukup dengan beberapa klik. Tak hanya itu saja. Membuat event secara online bisa menghemat budget Anda. Sebab, event bisa di selenggarakan secara gratis. Nah, sisa dana bisa di gunakan untuk berinvestasi lebih pada pembicara berkualitas. Event yang berkualitas itu akan menjaring banyak klien potensial yang teredukasi. 

2. Meningkatkan Reputasi Brand

Anda bisa menggelar diskusi panel seputar topik yang sedang hangat dalam industri bisnis Anda. Tujuannya untuk membangun citra dari brand Anda. Citra brand memberi kesempatan pada brand Anda untuk membangun narasi positif tentang brand Anda kepada pelanggan potensial. Faktanya, 97% pemilik bisnis mengatakan bahwa manajemen citra brand untuk reputasi brand sangat penting. Sebab, sebelum membuat keputusan pembelian, pelanggan potensial mencari referensi melalui konten digital marketing.

Contoh, Anda adalah seorang social media strategist. Nah, Anda bisa mewakili brand Anda untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar social media marketing. Diskusi panel itu akan membuat Anda di pandang sebagai ahli dalam bidang bisnis Anda oleh para audiens. Jadi, reputasi brand Anda juga akan makin kuat di mata mereka.

3. Menambah Insight Bisnis

Anda juga bisa mengikuti diskusi panel seputar bidang bisnis Anda yang di gelar oleh brand kompetitor lho. Dengan begitu, insight bisnis Anda akan semakin kaya. Kenapa?

Sebab, Anda akan mengetahui pengalaman para pelanggan kompetitor dari berbagai aspek. Informasi itu kemudian bisa Anda manfaatkan untuk membuat produk yang lebih baik.

Lalu, apa saja informasi yang harus Anda gali?

A.  Informasi Produk

  • Apakah kompetitor memiliki produk yang sama dengan Anda?
  • Apa saja keluhan yang sering di sampaikan pelanggan tentang produk kompetitor?
  • Apa saja alasan pelanggan yang memilih produk kompetitor?

B.  Informasi Penjualan

  • Apakah kompetitor membuka program reseller?
  • Apakah kompetitor menjalankan program afiliasi?
  • Berapa diskon yang kompetitor beri pada pelanggan?
  • Bagaimana strategi kompetitor mempertahankan pelanggan lama? Apakah dengan loyalty point, diskon spesial, atau komunitas?

C.  Informasi Pemasaran

  • Channel pemasaran apa saja yang di pakai kompetitor?
  • Channel pemasaran apa yang dampaknya paling besar ke penjualan?
  • Strategi marketing apa yang bisa di tiru dari masing-masing channel pemasaran?
  • Apakah kompetitor melakukan edukasi ke pelanggan lewat konten pemasaran?

Mau tahu tips agar insight bisnis di atas bisa maksimal dengan menggunakan Twitter Spaces? Jadilah pendengar yang baik. Pembicaraan dalam diskusi bisa jadi membantu Anda memahami tren terkini industri Anda. 

4. Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru

Katakanlah Anda baru saja mengeluarkan produk baru. Tentu Anda membutuhkan feedback dari pelanggan potensial bukan? Tujuannya untuk mengetahui fitur apa saja yang perlu pengembangan lebih lanjut. Anda bisa membuat ruang obrolan dengan format tanya jawab untuk mengetahuinya. Beri audiens kesempatan untuk mengeksplor kelebihan dan kekurangan produk Anda di banding produk lainnya. Cara ini lebih efektif di banding melakukan survei melalui email lho. Sebab, Anda mendapatkan feedback secara real-time. Jadi, Anda tak perlu lagi menunggu balasan email dari pelanggan.

Contoh Penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis

1. Thought Leadership

Anda bisa menggunakan Twitter Spaces untuk membuat konten thought leadership, yaitu event online bersama para pakar untuk membahas topik-topik seputar industri Anda. Contohnya seperti  diskusi panel dan webinar.

2. Question and Answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)

Anda juga bisa menyelenggarakan sesi Q&A seperti yang banyak di lakukan di Instagram Stories. Namun alih-alih berinteraksi dengan komentar, Twitter Spaces menawarkan interaksi tanya jawab real time. Sesi tanya jawab bisa Anda gunakan untuk membuka kesempatan audiens bertanya soal fitur baru dari produk Anda. Bisa juga untuk bertanya seputar produk baru Anda. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengundang influencer yang relate dengan industri Anda untuk melakukan sesi Ask Me Anything (AMA). Audiens bebas bertanya seputar topik tertentu kepada influencer, lalu brand Anda menjadi moderatornya.

3. Kolom Komentar di Acara Live

Jika ada acara live yang sedang ramai di tonton, Anda bisa menggelar acara live komentar menggunakan Twitter Spaces. Misalnya, mengomentari secara langsung pertandingan olahraga atau tayangan televisi.

4. Peluncuran Produk

Twitter Spaces juga cocok di pakai untuk meluncurkan produk baru. Caranya, Anda cukup mengundang pelanggan setia Anda ke event online yang membahas fitur-fitur produk terbaru Anda.

5. Giveaway

Penggunaan Twitter Spaces yang lainnya adalah menyelenggarakan giveaway dengan tema tertentu. Misalnya, peluncuran platform baru, peluncuran hasil riset industri untuk mengatur strategi pemasaran, atau rencana perluasan pasar..

Demikian artikel tentang twitter spaces. Bila suka dengan artikel ini bisa membagikan ke banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *