Bagaimana Cara Promosi Video Youtube?

Bagaimana Cara Promosi Video Youtube?

Bagikan ke

Anda mungkin sudah mengunggah banyak video dalam Youtube. Lalu, mengapa viewnya tidak bertambah? Apa yang harus anda lakukan? Salah satu solusinya adalah mempromosikan videonya.

Cara promosi yang tepat akan mempermudah channel Youtube Anda untuk berkembang. Semakin berkembang channel Youtube Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapat penghasilan dari Youtube.

Lalu, bagaimana cara mempromosikan video Youtube yang tepat?

Yang Perlu Anda Tahu Dalam Promosi Video Youtube?

Dalam pembahasan cara promosi video Youtube, Anda harus paham satu hal. Ini tentang penonton Anda. Apakah Anda sudah tahu siapa target penonton Anda?

Jika belum, Anda harus mengidentifikasinya dulu. Mulailah dengan pertanyaan “Siapa yang akan menonton video-video di channel Anda?”. Aspek-aspek yang perlu anda ketahui tentang target penonton:

  • Demografis (umur, gender, dan lokasi penonton)
  • Psikografis (ketertarikan dan gaya hidup penonton)
  • Metrik lain (platform yang sering di kunjungi, jenis device).

Cara Ampuh Mempromosikan Video Youtube

Bila Anda sudah tahu siapa target penonton Anda, mari masuk ke pembahasan tentang cara mempromosikan video Youtube.

1. Manfaatkan Topik yang Trend

Jika Anda sering menghabiskan waktu di Youtube, Anda pasti tahu kalau ini adalah salah satu cara yang sering di manfaatkan oleh Youtuber. Entah Youtuber veteran atau Youtuber pemula. Rumusnya sederhana. Anda tinggal cari topik yang hits di bicarakan, lalu buat video seputar topik tersebut. Selesai! 

Lalu, benarkah caranya sesederhana ini?

Iya dan tidak. Konsep dasarnya sederhana. Tapi proses pencarian idenya sebenarnya lebih kompleks. Ada banyak hal yang mesti di pertimbangkan. Apakah topik video relevan dengan tema? Apakah topik relevan dengan target penonton.

Lalu, bagaimana cara mencari topik populer yang cocok dengan tema channel Anda? Anda bisa memanfaatkan keyword. Keyword dapat menunjukkan apa yang paling sering di cari oleh target penonton Anda.

Contoh, misalkan Anda ingin membuat video tentang “Cara membuat toko online”. Ketikkan di kotak pencarian Youtube, dan Anda akan melihat berbagai keyword yang sering di cari oleh penonton. Dari sana anda bisa menentukan kira-kira keyword mana yang pas untuk konten anda.

2. Gunakan Alat Promosi Gratis di Youtube

Anda bisa melakukan promosi di video Anda sendiri. Dalam youtube sendiri telah tertanam 3 jenis alat yang bisa di gunakan dalam melakukan promosi video:

  • Watermark – Anda dapat menampilkan logo channel Anda di pojok kanan bawah video. Jika penonton melakukan klik, mereka otomatis berlangganan channel Anda.
  • Cards – Fitur ini akan menampilkan tombol bergambar tanda seru di pojok kanan atas video Anda. Jika penonton mengklik tombol tersebut, akan ada beberapa rekomendasi video dari channel Anda.
  • End screens – Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan video-video lain di channel Anda beserta dengan tombol subscribe.

3. Buat Postingan di Community

Tahukah Anda kalau bisa membuat “status” di Youtube? Ya, Anda dapat melakukannya di fitur Community. Fitur ini memudahkan untuk berinteraksi dengan subscriber channel Anda. Anda bisa gunakan untuk posting promosi video. Penggunaannya kurang lebih sama seperti ketika Anda membuat postingan di sosial media. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan karakteristik subscriber Anda. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat-kalimat yang membuat mereka penasaran untuk menonton video Anda.

4. Amati, Tiru, dan Modifikasi

Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah belajar dari yang terbaik. Dengan cara ini, Anda akan menemukan cara-cara baru untuk mempromosikan video Youtube Anda. Carilah channel populer yang sesuai dengan karakteristik Anda, dan pelajari cara mereka promosi video. Perhatikan pula:

  • Cara menyampaikan konten
  • Kualitas video
  • Kualitas audio
  • Judul video
  • Isi konten

Banyak faktor yang bisa Anda perhatikan. Analisis apa yang membuat video tersebut  mampu menarik begitu banyak penonton. Ingat, semakin menarik sebuah video, semakin mudah pula untuk mempromosikannya.

5. Isi Profil Channel Anda

Jika penonton menyukai video Anda, mereka akan masuk profil Anda dan menonton video Anda. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk membuat mereka semakin tertarik pada channel Anda. Bagaimana caranya? Simpel, isilah profil Anda semenarik mungkin. Saat mereka masuk profil Anda, mereka lihat cover channel. Pastikan cover profil Anda enak di pandang.

Rekomendasi ukuran cover channel Youtube adalah 2560 x 1440. Jika Anda tertarik membuatnya, gunakan alat desain grafis seperti Canva.

Jangan lupa untuk mengisi deskripsi channel Anda di tab About. Cantumkan informasi kontak pada channel Anda. Ini membuka peluang kolaborasi Anda dengan penonton atau sesama pembuat konten.

6. Buat Intro dan Outro Video

Ingin membuat video Anda terlihat lebih profesional? Buatlah intro dan outro untuk video-video Anda. Intro adalah segmen pembuka di video Anda. Outro adalah segmen penutup di video anda. Lalu apa yang bisa Anda pasang sebagai intro dan outro? Yang di gunakan adalah klip, gambar, atau audio. Apapun yang Anda gunakan, pastikan intro dan outro nya tidak membuat penonton Anda bosan atau kesal.

Kesalahan-kesalahan yang sering di buat ketika membuat intro dan outro adalah:

  • Durasinya terlalu lama
  • Volumenya terlalu berisik
  • Tidak sesuai dengan tema channel
  • Kualitas klip/gambarnya tidak bagus

7. Berikan Deskripsi Video yang Menarik

Kita sudah pernah membahas tentang deskripsi channel. Sekarang, mari bicara tentang deskripsi video. Deskripsi video bisa seperti caption di postingan sosial media. Keduanya sama-sama memberi penjelasan tentang konten yang di unggah. Fungsi lain dari deskripsi video adalah untuk membuat video Anda lebih relevan dengan topik yang di angkat. Apakah ingat fungsi keyword? Anda bisa menggunakannya. Tapi, tetap perhatikan konteks dan hindari penggunaan keyword secara berlebihan (keyword stuffing).

8. Buat Video Anda Terlihat Menarik 

Saat kita mau klik video, pastikan dulu Judul dan Thumbnailnya.

Ada beberapa cara yang bisa membuat judul video Anda lebih menarik. Di antaranya adalah::

  • Gunakan kalimat yang bisa membuat penonton penasaran (seperti pertanyaan, manfaat konten, urgensi, dan sejenisnya).
  • Pakailah kalimat yang singkat dan mudah di mengerti.
  • Hindari penggunaan clickbait
  • Simpan keyword topik Anda di judul. Tapi, tetap perhatikan konteksnya. Pastikan keyword relevan dengan judulnya.
  • Tambahkan tahun untuk membuat video Anda terlihat up-to-date.

Bagaimana dengan thumbnail

Anda perlu tahu rekomendasi spesifikasi thumbnail di Youtube:

  • Resolusi: 1280 x 720 pixels
  • Format: JPG, PNG, GIF, dan BMP
  • Ukuran: Di bawah 2 MB.
  • Aspect ratio:16:9

Tips-tips membuat thumbnail yang bisa anda ikuti, penjelasannya:

  • Pastikan gambar yang Anda gunakan berkualitas;
  • Pakai kombinasi warna yang menarik;
  • Gunakan kata-kata yang berpotensi membuat penonton penasaran;
  • Perhatikan kontras. Jangan sampai teks di thumbnail tak terbaca;
  • Buat template thumbnail untuk channel Anda.

9. Manfaatkan Call-to-Action (Like, Share, dan Subscribe)

Saat menonton video Youtube, pasti Anda sering mendengar kalimat “Jangan lupa like, share, dan subscribe ya!”. Kalimat tersebut adalah call-to-action (CTA).

Sederhananya, CTA berfungsi sebagai pengingat. Ketika penonton benar-benar merasa puas dengan video Anda, mereka tidak ragu untuk memberi like, share, dan subscribe.

10. Manfaatkan Fitur Tag

Tag adalah sekumpulan kata yang menunjukkan konteks video. Contoh, jika video Anda membahas “10 Merk Jaket Terbaik”, tag yang relevan adalah “fashion”, “pakaian”, dan “brand”. Kenapa tag penting? Untuk memudahkan Youtube dan google memahami konteks video anda. Video Anda bisa lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian pada topik tertentu – sesuai dengan tag yang Anda pasang. Apa yang bisa Anda pasang sebagai tag? Banyak. Mulai kata-kata yang terkait dengan topik yang Anda bahas, dan keyword yang relevan dengan topik Anda.

Demikian artikel tentang “Bagaimana Cara Promosi Video Youtube”. Bila suka dengan artikel ini jangan ragu untuk membagikannya ke semua orang. Bila ada saran dan kritik silahkan komen pada kolom komentar, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *